Gini neee….cara para penjahat membobol rekening ATM

Tulisan ini ditujukan bukan  untuk mengajari orang untuk berbuat jahat, tetapi untuk pembelajaran supaya pemakai ATM supaya lebih berhati-hati dengan mengetahui modus operasi penjahat ATM.
modus ini sudah terjadi sejak lama, terutama di negara Amerika dan beberapa negara lainnya. Di luar negeri sendiri penjahatnya lebih canggih dan lebih bermodal, karena ada yang bisa membongkar ATM sampai bikin dan pasang ATM palsu sendiri di tempat tertentu.

Di Indonesia sendiri pembobolan ATM sudah pernah terjadi dan diberitakan di Jakarta sekitar 1 – 2 tahun lalu menggunakan cara tradisional, yang tidak secanggih luar negeri. Dari ada yang memakai clip untuk menahan kartu ATM bisa masuk tapi tidak bisa keluar, sampai angkut langsung ATM-nya.

Kejadian ini kembali heboh sejak hari Selasa lalu dimana sejumlah rekening bank di Bali & Jakarta dijebol, banyak orang menjadi takut bahwa akan mengalami hal yang sama. Banyak yang menyarankan untuk mengecek saldo di ATM dan mengganti pin, tapi justru orang yang melakukan hal ini bisa jadi korban baru, selama ATM-nya tidak aman.

Nah Anda harus mengenali bagaimana ATM yang aman, supaya tidak menjadi korban baru. Cara kenali ATM yang aman salah satu adalahnya mengenali juga cara kerja penjahat ATM. Penjahat ATM untuk menjebol rekening Bank menggunakan alat yang bernama skimmer, contoh skimmer bisa dilhat di bawah ini:

ATM skimmer, ini tipe lama punya dan besar bentuknya, modelnya juga banyak

ni cara pasangnya. Biasanya dicari yang warnanya sama biar oang tidak curiga

Model baru skimmer lebih kecil, warna bisa disesuaikan dengan warna ATM

Tipe baru, gampang dibawa karena kecil dan pasangnya juga mudah

Alat skimmer ini bisa membaca dan memindahkan semua informasi dari kartu yang dimasukkan ke dalam ATM. Cara memindahkannya dibutuhkan alat yang namanya card cloning dan kartu blank (kosong). Dari pantauan kami, tipe baru alat card cloning bisa dipasang ke komputer lewat USB. Cara kerjanya hampir sama seperti kita copy CD / DVD di komputer.

Contoh salah satu alat Card Cloning, kartu blank, alat skimmer dan CD software instalasi.
Jangan kaget 1 set alat ini bisa dbeli online di internet.
Cara Penjahat ATM Mengetahui Nomor PIN

Ok sekarang informasi card Anda telah berhasil dicuri, tapi tidak nomor PIN Anda. PIN ATM itu tidak disimpan di dalam kartu karena alasan keamanan, kecuali kartu yang sudah ada chip-nya bisa disimpan dengan metode kompresi (bisa sampai 128 bit), tapi jarang ada bank yang melakukannya.

PIN ATM Anda tersimpan di server pusat data bank, jadi card hanya sebagai alat pengenal saja yang memuat informasi rekening dan id dari kartu saja. Jadi bagaimana penjahat ATM bisa mengetahui nomor PIN Anda?

Nah caranya adalah mereka memasang kamera CCTV kecil di dekat ATM. Fungsinya adalah melihat ketika calon korban memasukkan nomor PIN. Bentuk kamera juga bisa banyak jenis dan cara pasangnya juga disesuaikan dengan letak ATM. Saya melihat salah satu berita TV mengajarkan pemasangan kamera cara kuno, padahal yang baru jauh lebh canggih.

Yang ini cara kuno, kamera diletakkan di dalam sebuah box tempat brosur bank, dimana box
ditempelkan ke tembok (biasanya bagian kiri). Tentunya teknik ini tidak bisa dipasang
ke semua tempat ATM karena kondisinya kadang tidak cocok

Yang ini cara lebih baru dimana kamera dipasang langsung di bagian atas ATM.
Jadi Anda ketik nomor PIN langsung kelihatan dengan jelas. Kamera juga bisa langsung
diakses di komputer lewat media bluetooth.

Ini contoh kamera kecil (tanpa box yang dibuat khusus) yang bisa dipakai untuk mencuri lihat PIN

Data yang ada di skimmer nantinya akan dicocokkan sendiri secara manual oleh penjahat ATM sesuai waktu pengambilan yang dilakukan oleh korban. Jadi biasanya pada kartu blank atau secarik kertas, mereka langsung tulis nomor PIN supaya tidak salah atau lupa. Kartu juga diberi tanda atau nomor supaya tidak tertukar dengan yang lainnya karena kadang korban bisa banyak dengan kartu ATM dan nomor PIN yang otomatis berbeda.

Cara Penjahat ATM Ambil Uang Nasabah

Nah kartu sendiri bisa dicopy banyak sekaligus dan diserahkan ke beberapa orang rekanan penjahat, sehingga mereka bisa mengambil uang sekaligus di beberapa tempat. Jadi jangan kaget kalau dalam waktu yang bersamaan dan selisih detik saja, uang di rekening bisa ludes karena diambil di beberapa tempat.

Trik mengambil uang di beberapa tempat tak tahu sengaja dilakukan untuk membuat bingung petugas polisi atau dalam pemikiran penjahat ATM bahwa dengan cara begini bisa mengambil melewati batas overlimit dari kartu sendiri. Dalam waktu bersamaan mengambil uang kalau koneksi ke servernya kebetulan sedang pelan, bisa saja terjadi. Hal ini juga sangat tergantung juga seberapa canggih program dari bank yang bisa mencegah supaya ini terjadi.

Bila kebetulan tabungan si korban dananya sangat banyak, si penjahat ATM biasanya mentransfer dana ke rekening lain yang kartu ATM-nya korban lainnya kebetulan sudah disikat ludes. Jadi mereka bisa mengambil dananya terus menerus sampai ludes lewat cara ini.

Biasanya penjahat ATM memakai ATM bersama atau bank yang kebetulan kartu ATM-nya berlogo Alto atau Cirrus dimana bisa diambil di banyak tempat. Pilihan ATM lain untuk mengambil uang untuk membingungkan pendeteksian oleh pihak polisi / bank. Biasanya dipillh juga ATM yang tidak memiliki kamera CCTV atau ATM lainnya yang dirasa aman (tidak dijaga satpam) sehingga tidak sampai ketahuan identitas sang penjahat.

Ada informasi bahwa kartu yang dijebol penjahat ATM bisa diambil langsung di ATM luar negeri. Memang hal ini bisa saja terjadi dengan adanya teknologi internet, dimana data kartu yang datanya telah dicuri, bisa dikirimkan lewat media e-mail atau disharing langsung. Rekanan penjahat bisa ambil uangnya di ATM berlogo Cirrus atau Alto, jika memang bank Anda ada kerja sama dengan jaringan Internasional tersebut.

Cara Mengatasi Penjahat ATM Supaya Jangan Sampai Jadi Korban

1. Tutuplah tangan kanan Anda dengan tangan, dan rapatkan badan Anda ke layar supaya orang di belakang tidak bisa meliaht nomor PIN Anda
2. Ambilah uang di ATM yang ada di dalam atau samping bank atau tempat keramaian
3. Sebaiknya hindari mengambil uang di malam hari di ATM (terutama yang tidak terjaga oleh Satpam)
4. Perhatikan kondisi ATM ketika mengambil, apakah ada ciri-ciri pemasangan alat skimmer atau kamera, kalau Anda curiga, sebaiknya batalkan pengambilan
5. Bila kartu Anda tidak keluar setelah pengambilan uang di ATM, laporkan saat itu juga ke bank Anda untuk blokir kartu. Sebaiknya catat nomor telepon pengaduan bank di ponsel Anda mulai sekarang. Karena ada modus penjahat ATM yang bisa membuat kartu ATM Anda tidak keluar, kemudian mengurasnya sesudah itu.

Intinya nomor PIN Anda itu adalah hal terpenting yang mesti Anda jaga, karena kunci sebenarnya untuk bisa akses rekening Anda adalah nomor PIN tersebut. Jadi ketika Anda memasukkan nomor PIN, jangan sampai bisa terlihat bahkan oleh Anda sendiri. Hafalkan saja posisi keypad dan tutup dengan tangan, buku, kain atau apapun supaya jangan sampai terlihat.

Nomor PIN juga harus Anda jaga jangan sampai ketahuan kalau ketika Anda telepon dan ditanya oleh CS Bank atau ditelepon oleh orang yang tidak dikenal dengan modus undian berhadiah (biasanya yang diminta no PIN phone banking). Ketika Anda belanja menggunakan kartu debit juga ketika memasukkan nomor PIN jangan sampai terlihat. Pokoknya nomor PIN hanya boleh Anda yang tahu sendiri saja.

sumber : ketok.com

kembali ke halaman awal

49 Tanggapan

  1. Met siang Boz..
    Mao tanya beberapa hal nie soal rekening bank.

    1. Seandainya qt sudah mengetahui No. Rekening beserta PIN atm seseorang tp qt gag punya kartu ATM tersebut, apakah qt bs menguras uang di Bank-ATM orang tersebut??

    2. Bagaimana cara2 yang bs qt lakukan untuk menguras uang di ATM-Bank korban tersebut baik secara manual maupun secara On Line-Internet??

    Thanx..

    • 1. jangan kan udah tau no.rekening ma no.pin…blm tau aja juga tetap bisa kok…itulah gunanya alat yg bernama “skimer”..skimer ini bisa membaca smua informasi yg terekam di kartu yg di masukin ke ATM…nah..cara memindah kan nya ya cm dgn membeli cloning card ato kartu kosong doang..cara nya ya ampir sama dgn memburning CD kosong ato DVD kosong…
      2. wah…kalo gw tunjukin ntar gw di bilang kriminal dong…hahah..tp intinya gini..kalo point no.1 tu udh bisa di lakukan…brarti lo udh bisa melakukan penarikan di setiap ATM dgn provider yg sama dgn atm yg di kloning tadi….slama pemilik kartu yg asli blm sadar isi rekening nya terkuras..ya brarti lu msh aman….tp kalo udh pemilik udh sadar dn sudah melakukan confirmasi ke bank yg bersangkutan….ya otomatis tu beresiko bgt buat lu…….

    • tp klo tau no pin nya apakah bs mbobol dengan atm sendiri

  2. Seumpama orang itu hanya tau No. Rekening nya ja… pa uang kita bisa di curi

    • kalo cm tau no.rekening nya aja rasa nya msh kecil kemungkinan…tp bkn berarti mustahil….krn no.rekening adalah primery key untuk data base setiap nasabah..jd yg nm nya data base tentu aja bisa di akses toh…walaupun tentu nya di proteksi dgn sequrity tingkat tinggi….

  3. begini, tadi siang ada yang menelepon dan menipu dengan modus undian berhadiah, dan aku terlanjur memberikan no. rekening ke dia apakah no.rekeningnya aman?
    Aku telah menelepon bank dan mengatakan saldonya masih tetap, tapi aku masih khawatir! Mereka(orang bank) mengatakan tidak apa2 selama aku tidak ke atm dan tidak memberitahu pin, menurut anda gimana?

    • iya…memang benar….kalo cm no rekening aja gpp….krn walau dia mencoba membobol account anda melalui no rekening anda…ada bnyk resiko yg harus dia lalui…yaitu sistem keamanan bank yg berlapis yg hampir mustahil di tembus utk para IT kelas kacangan sampe IT kelas wahid sekalipun….
      jadi…aman” aja kalo yg anda berikan hanya sekedar no rekening aja….
      satu lagi….jgn pernah memberi kan kartu atm anda…walau anda tdk memberikan no pin anda….
      krn informasi yg ada pada kartu atm anda itu bisa di gandakan dan di buat duplikat nya dgn alat scimer….

  4. gimana comfirm comment nya, kok ga muncul2?

    • iya….hrs di approve dulu oleh saya sebagai admin blog ini…baru nampil coment nya….hehe..sori…udh 4 hr bdn demam…jd males duduk di depan kom….

  5. Gan sy kn ru z ketipu ma 0rg yg pr0m0sì plsa yg 5rb dgn hrga 4500
    Sya ru9i 6jt lbh jd sy mau tarik t0 uang dgn n0mer rekening dia. . .gmana cra’y gan?

    • wah…ky nya kalo nunjukin bakal jadi kriminal neh..hahaha…tp gpp gw kasi tau…
      gini…sebenarnya yg kita butuhkan adalah kartu atm nya bro…krn dr kartu atm lah kita bisa menggandakan data yg ada dalam kartu tsb….cara nya ya dgn alat yg nm nya scimmer untuk kemudian kita duplikat kartu nya….gak cukup jika hanya tau no.rek nya doang…
      memang si bisa kita tembus account bank seseorng melalui no.rek nya….tp kita hrs melalui banyak resiko dgn menembus sistem keamanan dari bank yg bersangkutan….dan utk di ketahui…hal itu sangatlah kecil kemungkinan dan harus memiliki kemampuan IT yg sangat hebat….krn jika kita masuk ke sistem keamanan bank…pihak bank tersebut pasti sudah mengetahui dan sdh bisa melacak keberadaan kita dalam hitungan menit bahkan detik….
      jadi kesimpulan nya…..memang bisa…tp hampir mustahil….

  6. mbak mau tanya, sy pernah tertipu oleh seseorang untuk mentrnsfer sejumlah uang ke rekening orang tersebut.gmn caranya saya dpt balik uang saya dan saya masih inget no rekening dia.thx sebelumnya..

    • pertama kali….jgn panggil mbak doong…sy kan cowok atuh…hehehe..

      memang bnyk terjadi kasus” spt yg mbak maria alami….
      agak sulit ya mbak…
      alasan pertama…uang yg udh masuk ke rekening seseorng tentu akan sepenuh nya menjadi milik pemilik rek tsb….
      kedua….walau pun kita tau rekening itu atas nm siapa ( krn akan tampil pada saat kita sdh mengapply no rek nya )..pihak bank sdh pasti tdk akan mau memberi tau pd kita informasi tentang sang pemilik rekening krn alasan keamanan..kecuali atas izin pihak berwajib…
      ketiga….pemilik rekening kemungkinan besar sdh menggunakan identitas yg susah utk di lacak…krn gak mungkin dia gunakan identitas diri yg sebenarnya krn dia sendiri pasti tau resiko yg akan dia tanggung………
      keempat…..semua transaksi elektronik yg terjadi apalagi melalui atm adalah sepenuh nya tanggung jawab nasabah ( kecuali masalah teknis)……
      karna kasus spt ini fakta nya walau telah di laporkan pd pihak berwajib pun…kebanyakan nyata nya butuh waktu yg sangat lama utk bisa di ungkap….

      • gan gw ada krtu atm..tpi gw ga tau nomer pin nya berapa..?
        bantu gw gan buat bisa ngmbil duitnya di atm tsb..dn caranya gimana..?

  7. gan
    alat yg namanya scrimer itu
    harganya berapa
    yg bisa mengambil semua data yg ada di atm orang
    blz ea gan

    • macem²..mulai dari di bawah 1 jt hingga 3 jt an..

      • saya mau tanya bagimana cara u memesan alat itu ,,, kira kira berapa harganya ……..

      • dulu saya beli alat scimer utk project perkuliahan membuat kartu absen elektronik…hrg nya variasi sob….dr kisaran di bawah 1 jt hingga 3 jt an….dulu bisa di temukan di toko² komputer dn toko teknik..tp sejak beredar nya kasus pembobolan rekening via atm…skrng scimer agak “susah” di temukan….

  8. dan saya bisa dapat
    barang nya di mna gan???????

    • kl nyari nya di toko² mungkin sudah susah dapetin nya..sejak ada kasus pembobolan ATM..biasa nya yg jual jg hanya mau menjual kepada pihak² akademik untuk tujuan materi pendidikan

      tp terakhir gw liat di forum² msh banyak yg dagang skimmer tuh..hehe

  9. mas sendainya sy pke kartu atm sy trus narik uang tpi yang punya rek orang lain apa itu bisa terjadi ga

    • klo kartu kloning dmn bisa dapatkannya?

      • yg jelas di toko² komputer….tp tergantung jg…karena item ini skrng udh gak sembarangan di perjualbelikan….pengalaman saya..kebanyakan toko² jika di tanya item ini…bilang nya “ga ada” semua….padahal dulu jelas² kampus almamater saya mesen di sana utk tujuan perkuliahan ( membuat ID Card elektronik)

    • tidak bisa…krn data yang ada pada masing² ATM berbeda…

  10. boss…, sya ada kartu ATM tp ga da duitnya

  11. bro..
    saya sangat tergiur dengan iklan yang ada di internet, yaitu bisnis online. tentuny dngan mentransfer uang dlu pastinya.
    saya takut ketipu..
    tlong kasih solusiny bro.

    • saran sy…sebelum terjun ke bisnis online…ada baik nya anda melakukan riset dulu tentang bisnis yg akan anda lakoni tsb….
      cari tau apakah bisnis tsb legit ato scam dr berbagai forum bisnis online yg ada…(kaskus..dll) karena di forum akan ada banyak para user yg akan saling sharing pendapat dan pengalaman tentang sebuah bisnis online…
      nah dgn melihat berbagai pendapat yg ada di forum tsb….anda bisa mengambil kesimpulan sendiri dgn nalar anda…bisnis ol itu legit atau scam ( penipu )…

  12. Mow tnya, gw ikutan bisnis online, gw dah daftar dan gw jga dah trnsfer uang yg tlh d tntukan, sdikit si uang yg di trnsfer. Gw jga dah ngsih tau no rekening gw dan bank unit gw. Gw khawatr ini penipuan dan apbln itu penipuan apkh bisa dngn dia mengetahuai no rekening qta via online uang di atm qta bkal k ambil ma dia?

    • kl maksud anda hanya memberikan informasi no rek & nm bank..contoh : no rek :1113546xxxx nm bank : Mandiri…
      hal ini msh terhitung AMAN…
      krn akun bank anda hanya bisa diakses melalui no pin ( ATM ) dan juga username & password ( Internet Banking )
      jd kalo informasi yg anda berikan msh sputar no rek dan nama bank…itu msh aman..
      yg perlu di ingat….jgn pernah memberikan informasi berupa :
      -password email yg berhubungan langsung dng akun internet banking anda..
      – no pin ATM
      – username dn pasword Internet Banking
      – jgn pernah login ke internet banking anda melalui komputer public..usahakan melaui perangkat komputer pribadi..

      apapun alasan admin yg punya website tmpt anda terjun ke bisnis ol,,JGN PERNAH MEMBERIKAN SATU PUN point yg saya sebut di atas..krn jika salah satu saja anda berikan…sy jamin uang anda di bank akan terkuras…

  13. klo atm sendiri trus pin orang lain apa itu bisa?

    • ya kalo kebetulan PIN orng lain tsb nya sama dgn PIN kartu anda..ya tentu saja bisa..namun akun bank yg nanti terakses tentu saja akun bank anda…..krn kartu ATM nya punya anda..jd data yg ada di dalam kartu ATM tsb tentu saja adalah data dari akun bank anda sendiri…krn kalo no PIN bisa aja sama kn?? misal…sy punya rekening di bank BCA…no PIN ATM saya :12345…
      nah….bisa jadi yg memiliki rekening BCA di indonesia dgn pin 12345 bukan hanya saya saja kan??? bisa jadi puluhan orng ato bahkan ratusan nasabah BCA memiliki PIN ATM yg sama yaitu : 12345

  14. bro..qlo liat no. rek dari kartu ATM bs gak ya????

    • jika melihat nya melalui mesin ATM ya gak bisa bro…mesin ATM hanya berfungsi untuk mengakses akun rekening…

  15. berarti kalo kita tahu pin orang lain tetep ga bisa bobol ya kalo pake kartu atm saya sendiri?

    • iya betul….pin itu ibarat kunci rumah….gak mungkin bisa masuk rmh sendiri jika pake kunci rumah org lain kan?? hehe…

  16. bro…. apa benar ada kartu atm bebas akses , yang bisa buat ngambil uang org lain tanpa mengetahui no.pin & no.atm org tersebut ???

    • pin mutlak di butuhkan oleh setiap kartu ATM…
      karena utk alasan keamanan…no pin adalah satu²nya data yg tdk di sertakan ke dalam data yg ada pada kartu…jadi harus di input manual..jadi sy rasa gak ada bro..kartu atm bebas akses…kalo kartu ATM duplikat ada…yaitu seprti yg di bahas pada posting di atas…tapi sekali lagi….perlu sebuah no pin utk bisa mengakses nya…

  17. Mohon infonya Bro_klo transaksi lewat E-Banking’ ini jelas milik sendiri username+password oke tp token pin gak ada krn gak ke bawa gimana caranya..??? ada solusinya gak?? sbb transaksi kan jelas minta konfirmasi lewat token piN Mandiri/BNI Mohon pencerahan salam sukses selalu…makasih

  18. Mohon infonya Bro_klo transaksi lewat E-Banking’ ini jelas milik sendiri username+password oke tp token pin gak ada krn gak ke bawa gimana caranya..??? ada solusinya gak?? sbb transaksi kan jelas minta konfirmasi lewat token piN Mandiri/BNI Mohon pencerahan salam sukses selalu…makasih…sorry nambah biar mantab..di tunggu info blsnya

    • token pin mutlak harus digunakan setiap transaksi di e-banking bro…
      kenapa?? karena fungsi dari token pin sendiri adalah memberikan pin secara random utk setiap transaksi…
      jadi andaikan ada penyusup yg bisa login ke ebanking nya si bro ( dgn secara gak sengaja mengetahui username dan pass ebanking si bro )…
      tetep..si penyusup gak bisa melakukan transaksi di web tersebut…karena di perlukan no pin yg berbeda² utk setiap transaksi yg terjadi ( yg di keluarkan oleh alat token pin)…
      singkat nya…token pin adalah sistem keamanan paling vital dan paling akhir web e-banking anda….
      jd solusi nya yaa…tiada lain jgn lupa membawa token pin setiap transaksi e banking…itu MUTLAK di butuh kan soal nya….dgn cara apapun anda tidak akan bisa transaksi di e-banking tanpa menggunakan token…

      • bos, udeh lame ATM ane kosong, ada ga caranya supaya terisi lg tanpa harus kita mengisinya ?
        maksudnya dgn cara2 tertentu kita dapat mengisikan rekening kita dgn komputer gitu…

  19. satu² nya cara tentu saja dgn menembus sistem keamanan dan data base dari bank bersangkutan…tp ini sangat tdk sy anjurkan….krn amat sangat beresiko…hehe…

  20. gan, gue mo tnya ne, kmrn ad yng tlpn ngaku2 gue mng undian telkomsel poin gt. dy tny no telkomsel gue, no rek n bank trus gue da ksh th no rek, bank, dan no hp gue. gue takut ne dy bs ambil uang gue, ap itu bs gan?

    thanks.

    • jika msh hanya seputar no rek bank…msh terbilang aman ndan…modus penipuan sprti ini sbnr nya udh terbilang ckp lama….
      si penipu meminta no hp nya si bro..berharap bisa mengetahui no pin atm nya si bro melalui no hp tsb…krn lmyn banyk para nasabah yg menggunakan no pin berdasarkan apa yg berhubungan dalam hidup nya…spt tgl lhr…hari jadi..ato bahkan sampe bbrp digit dr no hp…suilt berhasil emng…tp ada yg jg yg berhasil…spt kira² pertengahan thn 2007 atau 2008 lalu kl gk salah…di pekanbaru ada 2 kasus pembobolan rekening dgn modus spt ini…
      jd saran sy…jika si bro merasa menang undian atau apa…baik nya di cek dulu ke CS dr operator GSM yg bersangkutan langsung…apa benar mrk sdh mengadakan penarikan hadiah atau bahkan sebuah undian..

  21. Tulisan na Keren…
    Ini yang nama na pnjahat ramah lingkungan..HHaaa

    Bcanda aza bro, HHee,,,😀

  22. gan kan saya beli handphone lewat internet . dia kasih nomor rekeningnya . uang udah saya transfer semua . 2 juta 700 udah saya keluarin . terus dia minta pulsa ke saya udh di beliin tapi udah sebulanan barang belum nyampe2 coba . jengkel betul saya . saya minta uang saya dikembalikan tapi dia bilang barang udah di kirim tapi pulsa belum masuk jadi barang di tahan di tiki nya . saya mau ambil uang saya di ATM dia bisa gk ?? mohon bantuannya

    • uang yg sudah masuk ke rekening seseorng….akan sepenuh nya menjadi hak dr pemilik rekening tsb bro…jd kita sbg pentransfer uang ya udh ga bisa apa² lagi bgtu pengiriman udh berstatus “done”….lain kali jika order sesuatu via online…pastikan dulu web store nya punya reputasi yg bagus sob…bisa di cari tau di forum² yg udh ada….
      lagi pula itu udh aneh bgt,,…sejak kpn order barang mesti transfer pulsa segala….kalo barang nya udh di kirim biasanya kan di kasi no resi pengiriman sob…jd kita bisa lacak keberadaan barang kt..kalo si penjual ga punya no resi atau tidak mau memberikan no resi….itu udh 95% penipuan…cara mengambil uang sob di atm dia???
      maaf…tp ky nya hampir mustahil sob….soal nya data yg sob miliki soal dia cm no rekening dia aja kn..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: