Firefox 3 Gunakan Lebih Sedikit Memori dari IE & Opera

browsermemorycomparisonhx6.png

Pengujian ArsTechnica pada versi beta 4 dari Firefox 3 menyimpulkan bahwa versi terakhir ini memiliki peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan Firefox 2. Usaha yang telah dikeluarkan oleh pengembang tampaknya telah memberikan hasil positif dengan meningkatnya efisiensi dari Firefox 3.

Pada masa browsing intensif dengan 50 tab, ternyata Firefox 3 mengkonsumsi hanya separuh saja memori yang digunakan oleh Firefox 2.0.0.12. Firefox 3 juga memiliki respon yang lebih cepat untuk berpindah tab, dibandingkan dengan lag yang dialami pada Firefox 2.0.0.12.

Pengembang Mozilla Stuart Parmenter telah menuliskan taktik yang digunakan untuk mengurangi penggunaan memori dan sekaligus telah membandingkan hasilnya dengan kompetitor Firefox 3. Firefox 3 menggunakan memori lebih sedikit dibandingkan Firefox 2, Internet Explorer, dan Opera. Safari dan IE 8 tidak dapat diikutsertakan karena crash saat dilakukan tes.

Hasil eksperimen ini merupakan kemenangan besar buat Firefox, yang sebelumnya dikritik karena memakan terlalu banyak memori. Untuk memenangkan pertarungan tersebut, pengembang mengatasi masalah dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Untuk mengurangi fragmentasi memori, pengembang berusaha untuk meminimalkan alokasi memori, terutama semasa startup. Pengembang juga mengadopsi sistem jemalloc allocator milik FreeBSD untuk membantu mengurangi fragmentasi dan meningkatkan kinerja.

Kemajuan yang juga sangat berarti adalah XPCOM cycle collector baru yang secara otomatis dapat mendeteksi objek yang tidak terpakai. Parmenter menambahkan bahwa cycle collector sangat membantu karena dapat secara proaktif menghilangkan segala bentuk kebocoran memori yang disebabkan oleh extension yang memanipulasi sistem internal Firefox.

Firefox 3 yang baru memiliki banyak sekali hal yang dapat ditawarkan untuk mengurangi penggunaan memori, termasuk tampilan baru, tema baru, sistem bookmark dan history yang baru, fitur full-page zoom, dukungan untuk JavaScript 1.8, dan masih banyak lagi. Semua hal tersebut diprediksi dapat mendongkrak pangsa pasar Firefox menjadi semakin baik lagi.

Source : http://www.udaramaya.com

Kembali ke Halaman Awal 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: